Sabtu, 24 Agustus 2013

MATAHARI DEPARTMENT STORE



Matahari Department Store
        Seberapa besar intusisi dan keberuntungan menyertai anda? Baca cerita berikut. Hari Darmawan dan Anna Janti adalah salah satu pemilik toko di Passer Baroe sekarang disebut sebagai Pasar Baru yang terletak dibibir kali Ciliwung, dekat Jalan Veteran dan Jalan Juanda, Jakarta Pusat. Pasutri itu menyaksikan Passer Baroe hancur saat pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI). Tetapi keduanya berhasil selamat, meskipun chaos social akibat pemberontakan G-30 S PKI 1965 tak akan pernah hilang dari ingatan mereka. Trauma yang pada saatnya nanti menyelamatkan mereka dari situasi serupa.
            Toko yang dibuka lima tahun sebelum pemberontakan PKI itu memiliki nama yang lucu; Mickey Mouse. Hari jelas-jelas mencomotnya dari tokoh komik karya kartunis asal Chicago, Amerika Serikat, Walter Elias. Disney yang menggemparkan dunia sejak dirilis 1928. Toko Mickey Mouse yang menjual baju impor dan merek MM Fashion, buatan tangan istrinya yang pandai menjahit itu adalah hadiah pernikahan bersyarat dari mertua Hari. Hari menikahi Anna saat berusia 18 tahun, memiliki tokonya secara mencicil seharga Rp 1 juta. Sebagaimana umumnya anak keluarga keturunan China yang pedagang, sejak kecil hingga SMA Hari sudah terbiasa naik turun truk mengangkut barang dagangan. Hari adalah anak Tan A Siong pemilik toko bahan makanan, seperti, beras, gula, ikan asin, dan hasil bumi lainnya dari Jakarta.
            Penjualan Mickey Mouse tidak buruk, karena baju-baju MM Fashion itu memiliki konsumen tersendiri. Tapi, semenjak toko itu dibuka, hingga Hari berumur 28 tahun, dia tidak pernah bisa menghilangkan perasaan iri dengan toko yang terletak di sebelah Mickey Mouse. Selama satu dasawarsa tak henti-hentinya Hari memikirkan bagaimana caranya memiliki toko yang namanya lebih keren itu, De Zion. Setiap hari, Hari melirik toko itu dan tampak kesulitan menemukan cara De Zion memiliki pelanggan-pelanggan fanatic, yang rata-rata pajabat dan orang kaya.
            Pucuk di cinta ulam tiba. Pada 1968 datang kabar dari mulut ke mulut yang sampai ke telinga Hari. Pemilik De Zion mengalami kesulitan keuangan dan hendak  menjual tokonya. Tak lama, De Zion berpindah tangan dan segera diubah namanya menjadi Toko Matahari. “De Zion artinya kan Matahari,” kata Hari.
            Hari muda adalah orang yang enerjik, ambisius, berani atau lebih tepatnya kurang perhitungan dan lebih mempercayai intuisi. Pada toko barunya itu, dia menemukan cara yang lebih baik untuk menjual barang, yaitu dengan memajang semua barang selengkap mungkin agar memudahkan konsumen memilih barang yang terbaik dan termurah. Orang-orang sekarang akan mengenang konsep toko itu sebagai department store  pertama di Indonesia. Matahari menjual berbagai macam kebutuhan sandang dan bukan kebutuhan sambilan bahan pokok, yang disusun dalam bagian yang terpisah-pisah dalam bentuk counter.
            Matahari diserbu pengunjung setiap waktu, terutama akhir pekan sebagai wahana baru belanja yang nyaman dan modern bagi orang-orang kaya Jakarta. Delapan tahun kemudian, hari mulai membuka gerai Sinar Matahari di luar Jakarta disertai pasokan produk dagangan lebih beraneka ragam, mulai dari pakaian, perhiasan, tas, sepatu, kosmetik, peralatan elektronik, mainan, alat tulis, buku, obat-obatan hingga kebutuhan sehari-hari. Sampai dengan dekade 1990-an, Matahari Departement Store amat popular dan merajalela, nyaris tanpa saingan sebagai toko serba ada yang komplit.
            Meskipun begitu, ini tidak sampai menimbulkan isu perang pasar modern versus pasar tradisional seperti kasus-kasus belakangan ini, karena sikap bersahabat Hari pada mereka yang kurang beruntung. Lebih dari 50% pemasok barang Matahari adalah produsen skala kecil dan menengah.
            Matahari mulai mendapat ancaman serius setelah Paulus Tumewu mengikuti jejaknya membesarkan sebuah toko didaerah Jalan Sabang, Jakarta Pusat menjadi lebih modern; Ramayana Departement Store. Pesaing-pesaing membuat hari semakin agresif, salah satunya dengan pergi ke Australia menggandeng Leisure & Allied Industries LAI) untuk memperkenalkan gerai bermain Timezone pada 1994. Hari mengakui, terobosan itu penting agar bisa bertahan dari serangan-serangan frontal para pemain  anyar. Adanya Timezone tampak efektif merebut hati orang-orang tua yang tidak ingin sekedar berbelanja, tetapi juga menyenangkan anak.
            Masa-masa keemasan Matahari hadir pada awal 1990-an, seiring pembangunan pusat-pusat pertokoan, mal-mal di Jakarta dan sekitarnya secara massif. Gerai-gerai baru dibangun dipusat perbelanjaan menyambut kelas masyarakat berdompet tebal yang mulai bertambah banyak. Matahari yang tampak kalap mencari dana serta membiayai investasi gerai baru, mula-mula dengan melepaskan sejumlah saham di lantai bursa untuk meraup dana segar tak kurang dari Rp 400 miliar memakai kurs sekarang pastinya tidak kurang dari Rp 1,6 triliun. Hari merasa dana itu tidak cukup, lebih-lebih untuk memenuhi ambisi pembangunan 1.000 gerai Matahari.
            James T. Riady, banker muda lulusan luar negeri anak konglomerat Mochtar Riady pemilik usaha group Lippo mungkin orang yang tahu betul nafsu Hari untuk 1.000 gerai itu. James lalu menawarkan pinjaman lunak agar mimpi-mimpi itu menjadi kenyataan. Tanpa berfikir panjang, Hari menerima kucuran pinjaman dari Bank Lippo. Entah tidak tahu atau khilaf dengan iming-iming bunga murah, di saat yang sama, James sedang tergila-gila dengan Wal-Mart dan JC Penney di Amerika Serikat. Dengan dukungan modal kuat sebuah bank milik ayahnya, James berangan-angan menerjuni bisnis ritel yang gurih. Malah, ketika pinjaman itu akhirnya cair, di sejumlah mal, gerai-gerai Wal-Mart milik James memasang lokasina secara head to head dengan gerai Matahari.
            Hari sudah memikirkan cara menahan serangan-serangan frontal ritel milik Lippo dengan membuka Mega Matahari (Mega M). dalam beberapa tahun, Hari tampak lebih menguasai keadaan dengan bisnisnya yang mulai beromzet dua triliun itu.
            Akhir 1996, Hari membuat public tercengang setelah menerima proposal pembelian oleh James melalui salah satu anak usaha Group Lippo. Orang-orang terkejut, bagaimana Matahari yang sedang bersinar terang bisa dijual kepada James. Ini memicu berbagai spekulasi liar mengenai cara-cara Lippo menguasai bisnis ritel, setelah Wal-Mart tidak kunjung bisa menguasai keadaan. Tersiar kabar keberadaan Mega Matahari telah membuat Wal-Mart terus merugi, dan di pihak lain Hari terpaksa menerima akuisisi karena terdesak utang kepada Lippo yang nyaris mencapai Rp 1 triliun. Sejumlah analis malah menuding akuisisi itu adalah akal-akalan James mencaplok matahari, dengan bahasa halus aliansi strategi karena Hari masih diberi sejumlah saham. Setelah akuisisi, Hari menjabat sebagai Presiden Direktur hingga 2001.
            Sampai sekarang tidak pernah ada kata penyesalan dari mulut Hari karena dia mengaku memiliki alasannya sendiri. “saya punya pengalaman waktu ada pemberontakan PKI tahun 60-an, saya melihat kejadian itu di Pasar Baru. Saya percaya ini signal dari Tuhan. Kalau Matahari tidak cepat-cepat dijual, bisa mati saya,” kenangnya. Trauma Gestapo 1965 itu disebut Hari telah memberinya kemampuan intuisi diatas rata-rata, membaca tanda-tanda zaman, dimulai saat pristiwa penyerbuan kantor Partai Demokrasi Indonesia di Jalan Diponogoro Jakarta, pada 27 Juli 1996. Peristiwa itu menurutnya adalah sinyal jatuhnya Rezim Soeharto, yang akan diakhiri kerusuhan persis seperti pengalaman buruk Toko Mickey Mouse kala itu. Intuisi itu sendiri kemudian terbukti ketika Jakarta diguncang prahara pada Mei 1998. Puluhan mal, plaza, dan ribuan toko hangus tebakar dan Indonesia terjerambap krisis ekonomi paling dalam hingga beberapa tahun kemudian. Penjualan ritel anjlok tak terbilang, dan banyak konglomerat jatuh miskin, terjerat utang ke Negara. Wal-Mart milik James sendiri kemudian tutup setelah peristiwa itu.
            Bila kesempatan baik itu adalah sebuah kesuksesan, maka dia hanya dating sekali. Sejak 1997, hari dan keluarganya tinggal di kawasan Cisarua, Puncak, Bogor, di atas tanah yang cukup luas dan ditumbuhi pohon-pohon dan bunga-bunga. Hari-harinya kini disibukan untuk membantu tetangga sekitar dan berdakwah sabda-sabda Yesus, serta meyakini kekayan itu tidak lebih baik dan sangat mudah didapatkan dibandingkan hidup tentram dan tenang, kalau dulu mencari uang hanya untuk berbelanja, main perempuan, dan hidup bermewah-mewah, tapi sekarang kitamewasa malu sekali, jika hana bisa mencari uang untuk diri sendiri tanpa melihat kehidupan social,” ungkap Hari.

Sumber : 50 Great Business Idea From Indonesia, M. Ma'ruf,  Hikmah

4 komentar:

  1. Kabar baik Allah yang Maha Kuasa telah begitu setia kepada saya dan seluruh keluarga saya untuk menggunakan perusahaan pinjaman ibu Emily untuk mengubah situasi keuangan hidup saya untuk kehidupan yang lebih baik dan lebih stabil sehingga sekarang saya memiliki bisnis sendiri di kotaNama saya Nur Khomariyah dari kota Sidoarjo, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu. Emily karena membantu saya dengan pinjaman yang baik setelah saya menderita di tangan pemberi pinjaman palsu yang menipu saya karena uang saya tanpa menawarkan saya pinjaman, saya memerlukan pinjaman selama 2 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Sidoarjo tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di India yang telah menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman kepada saya dan saya sangat frustrasi karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di India, karena saya berutang kepada bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya orang untuk dituju, sampai suatu hari teman setia saya menelepon Slamet Raharjo setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu perusahaan pinjaman Emily, jadi saya harus menghubungi Slamet Raharjo dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu emily bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus memanggil keberanian dan saya menghubungi ibu emily perusahaan dan secara mengejutkan, pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 2 jam pinjaman saya dipindahkan ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus bersaksi tentang ibu pekerjaan yang baik Emilyjadi saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu perusahaan pinjaman Emily melalui email: emilygregloancompany@gmail.com. atau whatsapp +447860370916  dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mother Emily melalui saya email: nurkhomariyah1989@gmail.com dan Anda masih dapat menghubungi teman saya Nur Syarah yang memperkenalkan saya kepada Ms. Margaret melalui email: slametraharjo211989@gmail.comsemoga Tuhan terus memberkati dan mendukung ibu Emily yang telah mengubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus
  2. saudara-saudara
    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya

     .(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..«´ ONE BILLION RISING FUND¨`»(onebillionrisingfund@gmail.com)  
    ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..BBM: D8E814FC

    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    efendiqueenlisa@gmail.com   
    Hubungi Says::+62 857 1997 9422
    Whatsapp::+62 857 1997 9422

    BalasHapus
  3. NAMA PERUSAHAAN: ONE BILLION RISING FUND
    GMAIL PERUSAHAAN: onebillionrisingfund@gmail.com
    NOMOR TEL: +1 267 526 5352
    NOMOR WHATSAPP: +1 267 526 5352  

    BAGAIMANA SAYA MENDAPATKAN PINJAMAN SAYA

    Saya Abdullah Nofia yang tinggal di Papua, saya di sini untuk memberi kesaksian seorang Lender Pinjaman yang baik yang menunjukkan cahaya kepada saya setelah ditipu 3 kali berbeda di Internet oleh beberapa pemberi pinjaman yang tidak lain adalah palsu,
    Mereka semua berjanji untuk memberi saya pinjaman setelah membuat saya membayar banyak kepada mereka sebagai biaya yang tidak menghasilkan apa-apa dan sebesar tidak ada hasil positif. saya kehilangan uang hasil kerja keras saya dan itu sangat membuat frustrasi.

    Suatu hari ketika menelusuri internet saya menemukan kesaksian seorang wanita yang juga ditipu dan akhirnya dikaitkan dengan perusahaan pinjaman yang sah, ONE BILLION RISING FUND  dan di mana dia akhirnya mendapatkan pinjamannya, saya memutuskan untuk menghubungi dia dan menjelaskan tekanan keuangan saya. kepadanya dan jika dia bisa membantu saya untuk berbicara dengan perusahaan,

     Saya kemudian menceritakan kepada mereka kisah saya tentang bagaimana saya ditipu oleh 3 pemberi pinjaman yang berbeda yang tidak melakukan apa pun selain merampok uang saya. Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui surat dan semua yang mereka katakan kepada saya adalah untuk tidak menangis lagi karena saya akan mendapatkan pinjaman saya di perusahaan mereka dan saya juga telah membuat pilihan yang tepat dengan menghubungi mereka. Saya mengisi formulir permohonan pinjaman dan melanjutkan dengan semua yang diperlukan dari saya dan saya terkejut, saya diberi pinjaman sebesar Rp 200 juta oleh perusahaan besar ini, ONE BILLION RISING FUND, semua berkat JAMES (direktur transfer), seorang yang takut akan Tuhan. pria dan mentor dan di sini saya hari ini bahagia karena perusahaan ini telah memberi saya pinjaman jadi saya bersumpah pada diri sendiri bahwa saya akan terus bersaksi tentang pekerjaan baik mereka dalam hidup saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya.
     Jika Anda mencari cara mendapatkan pinjaman, silakan hubungi

    NAMA ::ONE BILLION RISING FUND
    Gmail ::: onebillionrisingfund@gmail.com
                                              HUBUNGI SAYA

    Namaku ::::::::: Abdullah Nofia
    Gmail::::::::::::::abdullahnofia@gmail.com
    Instagram::::::::Abdullah_Nofia
    Facebook:::::::::Abdullah Nofia

    Bijaksanalah saat Anda mencari pinjaman online

    semoga harimu menyenangkan

    BalasHapus
  4. Halo, saya FIGUEIREDO DE OLIVEIRA LUCIANO, saat ini tinggal di kota Bristol, di sini di Inggris. Saya seorang duda saat ini dengan Empat anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada Mei 2019 dan saya perlu membiayai kembali dan membayar tagihan saya. Saya mencoba mencari pinjaman dari bank dan berbagai perusahaan pinjaman baik swasta maupun perusahaan tetapi tidak pernah berhasil, dan sebagian besar bank menolak kredit saya. Tetapi seperti yang Tuhan kehendaki, saya diperkenalkan kepada seorang wanita Tuhan pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang memberi saya pinjaman sebesar $ 150,000.00 USD dan hari ini saya adalah pemilik bisnis dan anak-anak saya baik-baik saja saat ini, jika Anda harus menghubungi perusahaan mana pun dengan mengacu pada mengamankan pinjaman tanpa agunan , tidak ada pemeriksaan kredit, tidak ada penandatangan bersama dengan tingkat bunga hanya 3% dan rencana dan jadwal pembayaran yang lebih baik, silakan hubungi Mrs Rossa Stanley (rossastanleyloancompany@gmail.com). Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat bahagia sekarang dan saya memutuskan untuk membiarkan orang tahu lebih banyak tentang dia dan saya juga ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak. Anda dapat menghubunginya melalui ini
    email- rossastanleyloancompany@gmail.com
    untuk pertanyaan kontak saya adalah Whatsapp +(44)-7537-1690-15
    email pribadi saya- figueiredoluciano2020@gmail.com
    figueiredoluciano10@yahoo.com

    BalasHapus