Senin, 22 April 2013

PERBEDAAAN ANTARA AUDITING DAN AKUNTANSI

Perbedaan Antara Auditing dan Akuntansi
    Banyak pemakai laporan keuangan dan masyarakat umum yang bingung antara auditing dan akuntansi. kebingungan ini timbul karena sebagian besar ilmu auditing biasanya berkenaan dengan informasi akuntansi, dan banyak auditor yang sangat menguasai masalah-masalah akuntansi. Kebingungan ini semakin bertambah dengan diberikanya gelar "akuntan publik bersertifikat" kepada banyak individu yang melakukan audit.
      Akuntansi adalah pencatatan, pengklasifikasian, dan pengikhtisaran peristiwa-peristiwa ekonomi dengan cara yang logis yang bertujuan menyediakan informasi keuangan untuk mengambil keputusan. Untuk menyediakan informasi yang relevan, para akuntan harus memiliki pemahaman yang mendalam atas prinsip-prinsip dan aturan-aturan yang menjadi dasar penyiapan informasi akuntansi. Selain itu, akuntan juga harus mengembangkan suatu sistem untuk memastikan bahwa peristiwa-peristiwa ekonomi dari entitas yang bersangkutan dicatat secara tepat waktu dan dengan biaya yang wajar.
       Ketika mengaudit data akuntansi, auditor berfokus pada penentuan apakah informasi yang dicatat itu mencerminkan dengan tepat peristiwa-peristiwa ekonomi yang terjadi selama periode akuntansi. Karena prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum menyediakan kriteria untuk mengevaluasi apakah informasi akuntansi telah dicatat sebagaimana mestinya, auditor harus benar-benar memahami prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum.
      Selain memahami akuntansi, auditor juga harus memiliki keahlian dalam mengumpulkan dan menginterpretasikan bukti audit. Keahlian inilah yang membedakan auditor dengan akuntan. menentukan prosedur audit yang tepat, memutuskan jumlah dan jenius unsur yang harus diuji, serta mengevaluasi hasilnya adalah tugas yang hanya dilakukan oleh auditor. 
(Aren A. Alvin, Elder J. Randal, & Beasley S. Mark, Auditing dan Jasa Assurance Pendekatan Terintegrasi Jilid I, 2008, Erlangga, Jakarta)

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar