Rabu, 06 Februari 2013

AKUNTANSI DAN PEMBUKUAN


Akuntansi & Pembukuan
 
             Banyak orang yang bingung dan belum mengerti perbedaan antara akuntansi dan pembukuan. Sering kali orang berfikir bahwa akuntansi adalah persamaan kata dari pembukuan memiliki banyak perbedaan pengertian.
         Pembukuan adalah aktivitas pencatatan data usaha suatu perusahaan dengan suatu cara tertentu. Seorang pemegang pembukuan mungkin bertanggung jawab terhadap seluruh catatan usaha suatu perusahaan, tetapi mungkin juga hanya bertanggung jawab pada suatu bagian kecil tertentu, seperti catatan penjualan kepada pelanggan perusahaan saja. Sebagian besar pekerjaan pembukuan adalah pekerjaan klerikal, dan kalaupun terjadi peningkatan biasanya akan dibantu dengan bantuan komputer.
          Akuntansi terutama meningkatkan aktivitasnya pada desain sistem pencatatan, mempersiapkan laporan keuangan berdasarkan data yang ada, dan menginterpretasikan laporan tersebut. Akuntan sering kali memeriksa pekerjan para pemegang pembukuan. Di perusahaan besar akuntan memiliki tanggung jawab dan otoritas yang lebih besar dibandingkan dengan pemegang pembukuan. Memang pekerjaan akuntansi pada tahap awal juka mencakup pembukuan. Tetapi pada tahap berikutnya seorang akuntan harus memiliki pengetahuan yang lebih banyak, pemahaman konsep yang lebih baik, dan kemampuan analitis yang lebih tinggi dibandingkan seorang pemegang pembukuan.

1 komentar: